0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Pastikan PNS Solo Steril dari HTI

Kepala BKPPD Solo, Rakhmat Sutomo (dok.timlo.net/red)

Solo — Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemerintah Kota Solo memastikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Solo steril dari anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Merujuk data yang ada di BKPPD, tak satu pun PNS Solo yang terdaftar sebagai anggota ormas yang dibubarkan Pemerintah tersebut.

“Tidak ada. Apalagi HTI kan tidak terdaftar di Solo,” kata Kepala BKPPD Solo, Rakhmat Sutomo, Rabu (26/7).

Untuk diketahui, setiap PNS yang aktif di suatu ormas wajib melapor kepada BKPPD. Selama ini, tak ada PNS yang melaporkan diri sebagai aktifis HTI. Tak hanya itu, Rakhmat juga menemuai perilaku mencurigakan dari PNS.

Perilaku mencurigakan yang dimaksud misalnya menolak hormat bendera. Rakhmat juga tidak mendapati PNS yang pernah mengungkapkan penolakannya terhadap Pancasila maupun UUD ‘45 sebagai dasar negara.

“Nyatanya kalau upacara semua juga hormat,” kata Rakhmat Sutomo.

Kendati demikian, ia menegaskan pihaknya tak akan segan menindak tegas PNS yang terang-terangan menolak Pancasila. Pasalnya, setiap PNS sudah mengucapkan sumpah kesetiaan kepada negara dan Pancasila.

“Kalau sampai ikut kegiatan seperti itu berarti kan sudah keluar dari sumpahnya,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Ia mengaku sampai saat ini belum ada laporan yang masuk kepadanya terkait PNS yang tergabung dalam ormas HTI.
“Tidak ada. Pokoknya semua sepakat Saya Indonesia, Saya Pancasila,” katanya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge