0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Agustus, Parkir di Kawasan Ini Pakai E-Money

Lahan parkir motor di Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Dinas Perhubungan Solo melalui bidang Perparkiran bakal menerapkan parkir elektronik di kawasan koridor Jalan Gatot Subroto (Gatsu) dan Jl Dr Radjiman (kawasan Coyudan). Rencananya jasa parkir di dua kawasan tersebut, nantinya tidak lagi membayar retribusi secara tunai, namun melalui layanan uang elektronik atau e-money.

“Jukir akan dibekali alat khusus, untuk merekam pembayaran retribusi dari pengguna jasa parkir lewat e-money. Jadi pembayaran tidak menggunakan uang tunai,” terang Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, Rabu (26/7).

Hari mengatakan bahwa persiapan penerapan kebijakan baru ini telah mencapai tahap akhir. Rencananya ada tujuh titik lokasi yang akan dijadikan percontohan.

“Awal Agustus nanti mulai,” singkatnya.

Saat ini Dishub tengah mempersiapkan diri untuk peluncuran sistem baru tersebut, dengan melakukan uji coba dan melatih juru parkir (Jukir) di dua kawasan tersebut agar bisa menggunakan layanan e-money.

“Kalau pengguna jasa parkir tidak memiliki e-money nanti bisa minta jukir untuk membayarkan jasa parkir melalui deposit e-money yang telah disiapkan jukir, setelah itu tanda pembayarannya bisa diserahkan pengguna jasa parkir,” kata dia.

Saat ini layanan parkir elektronik baru bisa digunakan melalui satu bank penyedia jasa layanan e-money. Namun kedepan Hari Prihatno menginginkan ada lebih banyak bank yang bisa menyediakan layanan ini.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge