0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polemik Lima Hari Sekolah, Pendidikan kok Coba-Coba

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Siswanto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dunia pendidikan, khususnya pendidikan dasar di Wonogiri memilih menunggu kepastian akan diterapkannya program lima hari sekolah. Sejauh ini, dinas terkait mengaku belum mengetahui secara pasti regulasi dan ┬áteknis penerapan lima hari sekolah.

“Kalau masih ada perdebatan seperti ini bagaimana, ya kalau itu nanti bisa clear. Bahasa Pak Bupati, kok dunia pendidikan yang selalu menjadi kelinci percobaan, pendidikan kok coba-coba,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Siswanto, di Gedung DPRD Wonogiri, Rabu (26/7).

Pihaknya memilih menunggu keputusan final dari pemerintah pusat, atau menunggu dikeluarkan keputusan dari presiden. Dia menyebut, program lima hari sekolah masih memerlukan kajian mendalam. Terlebih jika program itu diterapkan di Wonogiri dianggap belum siap, agar selanjutnya tidak menimbulkan polemik.

“Yang jelas untuk pendidikan dasar memilih menyampingkan dulu soal lima hari sekolah. Memang ada sebagian SMK dan SMA yang sudah mencoba mengimplementasikan program itu di Wonogiri saat ini,” katanya.

Seperti diketahui, 46 SMK negeri dan swasta di Wonogiri sudah melakukan uji coba program lima hari sekolah. Sementara jenjang SMA baru ada enam SMA negeri yang menerapkan program tersebut, itupun baru SMA yang lokasinya dianggap paling strategis. Uji coba program itu, dilakukan semenjak dilangsungkannya tahun ajaran baru yakni pada Senin(17/7) lalu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge