0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Marvel Gracia, Penari Cilik yang Telah Melanglang Buana

Marvel Gracia membawakan tari Garuda ciptaannya. (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Penari cilik Marvel Gracia ciptakan tari berjudul Garuda. Tari ini terinsprirasi dari puisi yang juga ciptaan Marvel dengan judul yang sama.

“Awalnya Marvel itu mengikuti lomba puisi, dia menulis puisinya sendiri, kemudian diinterpretasikan menjadi gerakan tari,” papar manajer Mugi Dance Studio, Nuri, saat dihubungi Timlo.net, beberapa waktu lalu.

Bocah cilik yang juga putra dari pendiri Mugi Dance Studio, Mugiyono Kasido itu dibawakan Marvel pada Diskusi bersama Komunitas Budaya. Layaknya seekor burung Garuda terbang, penari yang pernah pentas di Korea dan Thailand ini mengitari tempat pentas dari kiri ke kanan panggung dan berputar sembari mengepakkan sayapnya.

Dalam balutan kostum dari kulit kayu ini, Marvel juga mampu melakukan gerakan kayang (badan melengkung ke belakang) sambil kedua tangannya menari serta melakukan sirsasana yaitu berdiri di atas kepala. Tak ayal, Marvel menuai standing applaus dari para seniman pekerja seni dan yang hadir dalam acara yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya DIY.

“Marvel menari sejak usia 4 tahun. Saat itu dia menari untuk menghibur pengungsi erupsi Merapi. Sejak saat itu Marvel terus menari di berbagi kesempatan,” imbuh Nuri.

Marvel juga telah menjajal panggung-panggung bertaraf nasional dan internasional seperti pergelaran Festival Wayang Asia di Thailand, Asia Art Theater di Korea, SIPA (Solo International performing Arts), Festival Asia, Festival Hujan Internasional dan banyak lagi.

Dirinya juga sempat berkolaborasi dengan seniman mancanegara seperti dalam pementasan Bumi Sri berkolaborasi dengan Virpi Pahkinen dan Oskar Landstrom dari Swedia, pada tahun 2011. Karya Ejecting Human pada tahun 2012 bersama seniman Thailand dan Korea, di SIPA berkolaborasi dengan Jin Hi Kim (USA/Korea) maupun dengan Paolo Rossi (Italia).

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge