0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Robot Belut Ini Diciptakan Untuk Teliti Polusi Air

Robot belut. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Ada beragam cara dan alat yang digunakan manusia untuk mengukur tingkat polusi dalam air. Tapi sekarang peneliti di Swiss Federal Institute memiliki cara yang lebih efisien dengan robot belut ciptaan mereka. Robot itu bisa berenang di air dan mendeteksi polusi.

Yang membuat robot ini begitu unik adalah jika robot itu benar-benar modular. Maksudnya tubuh robot terdiri dari berbagai sensor yang bisa menghitung beragam hal. Hal ini juga berarti, peneliti bisa memilih sensor mana yang akan mereka gunakan tergantung lokasi dan data yang ingin mereka kumpulkan.

Misalnya, beberapa sensor di dalam robot itu bisa mengukur beberapa hal seperti konduktivitas dan suhu air. Sementara sensor lain berbasis kimia dan berbasis biologi. Misalnya sel ikan yang ditumbuhkan pada elektroda. Sel-sel ini tidak akan bersentuhan satu sama lain jika ada racun dalam air. Oleh karena itu sensor sel ikan itu digunakan untuk mendeteksi racun dalam air.

Data yang dikumpulkan oleh robot belut ini akan dikirim kembali ke komputer secara real time. Robot bisa bergerak dengan remote kontrol atau bergerak sendiri. Sejauh ini, uji coba terhadap sensor fisik dan kimia berhasil dilakukan. Mereka berencana untuk mulai menguji sensor biologis di luar laboratorium musim panas ini.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge