0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkades Serentak, Polisi Soroti Serangan Fajar dan Perjudian

Apel pengamanan Pilkades serentak di Mapolres Klaten (foto: Wijaya)

Klaten – Polres Klaten mengingatkan masyarakat agar mewaspadai ‘serangan fajar’ menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (26/7). Pihaknya akan menindak tegas oknum yang kedapatan membagikan uang.

“Siapapun itu, jika memang cukup bukti akan kami amankan dan proses sesuai hukum yang berlaku,” kata Kapolres Klaten AKBP Muhammad Darwis, Selasa (25/7).

Menurut dia, H-1 menjelang pemungutan suara Pilkades merupakan waktu rawan terjadinya serangan fajar. Bukan hanya soal praktek money politics, tapi juga potensi perjudian untuk bertaruh siapa calon yang memenangkan Pilkades.

“Tak ada toleransi. Kalau ada praktek perjudian dan ternyata memenuhi unsur pidana melanggar Pasal 303 KUHP, akan kami proses sesuai hukum berlaku,” tandas AKBP Darwis.

Ditambahkan, dari 48 desa yang menggelar hajatan Pilkades, 20 desa berkategori wilayah rawan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal itu berdasarkan banyaknya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah calon kepala desa, dan riwayat gangguan kamtibmas di desa setempat.

“Mulai hari ini saya perintahkan para personel untuk melakukan lidik dan pemetaan potensi gangguan kamtibmas, termasuk jika ada unsur perjudian. Untuk tiap desa berkategori rawan kita siagakan 15 personel. Sedangkan 28 desa yang masuk kategori cukup aman kita siapkan delapan personel,” beber Kapolres Klaten.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge