0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

289 Calon Haji Karanganyar Dinyatakan Kurang Sehat

Jemaah calon haji mengikuti simulasi naik pesawat terbang di Edupark Tasikmadu. (timlo.net/raymond)

Karanganyar – Sebanyak 289 jemaah calon haji (JCH) Karanganyar bercatatan kesehatan kurang bagus. Laporan kesehatannya tertuang di hasil pemeriksaan pertama dan kedua jelang pemberangkatannya Agustus mendatang.

Dari pemeriksaan kesehatan tersebut 61 jemaah masuk kategori hijau, 176 jemaah kategori kuning, 113 jemaah kategori merah dan 215 berketerangan putih.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Fatkhul Munir menjelaskan kategori hijau menunjukkan usia calon jamaah haji kurang dari 60 tahun tanpa penyakit. Untuk warna merah menunjukkan usia calon jamaah yang lebih dari 60 tahun dengan penyakit. Warna kuning menunjukkan usia calon jamaah yang kurang dari 60 tahun dengan penyakit.

“Sehingga jika dihitung, terdapat 289 jemaah memiliki penyakit tertentu. Biasanya kolesterol dan darah tinggi,” katanya, kemarin.

Sedangkan warna putih menunjukkan usia calon jamaah haji yang kurang dari 60 tahun tanpa penyakit.

Jika dilihat dari kategori istithaah, sebanyak 231 orang di antaranya memenuhi syarat istithaah dari total 565 jemaah. Istithaah kesehatan jamaah haji ialah kemampuan secara fisik maupun mental yang terukur dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga jamaah dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan.

JCH dari Karanganyar terbagi menjadi tiga kloter, yaitu kloter 21, 77 dan 78. Para calon jamaah haji tersebut sudah mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kabupaten Karanganyar pada Rabu (12/7). kegiatan tersebut dilakukan di dua lokasi, yaitu di Taman Edupark dan kompleks Masjid Agung Karanganyar.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge