0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Paling Ampuh Untuk Berdamai dengan Pasangan Setelah Konflik

Bertengkar. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Saat Anda dan pasangan bertengkar, Anda membawa mekanisme pertahanan dan strategi penanggulangan konflik yang berbeda. Tapi saat Anda mencoba berdamai, maka cara yang paling ampuh biasanya tergantung dari gender. Hal ini terungkap dalam penelitian baru yang terbit dalam jurnal “Evolutionary Psychological Science”.

“Penelitian kami adalah yang pertama yang mencoba melihat lebih dalam tindakan-tindakan berdamai yang dilakukan setelah konflik romantis menggunakan perpekstif teori evolusioner,” kata Joel Wade, pemimpin penelitian dan profesor psikologi dari Bucknell University. Wade dan para rekannya mensurvei 38 wanita dan 36 pria berusia 18 hingga 54 tahun. Dan meminta mereka menulis lima tindakan yang pernah mereka lakukan (atau mungkin lakukan) untuk berdamai dengan pasangan setelah bertengkar. Daftar tindakan ini lalu dibagi dalam beberapa kategori. Mereka lalu melibatkan 164 pria dan wanita dalam kelompok terpisah dengan rentang usia sama. Mereka diminta menilai keefektifan daftar tindakan itu untuk berdamai dengan pasangan setelah konflik.

“Pria dalam penelitian kami merasa jika cara paling efektif untuk pasangan mereka adalah memberikan pasangan tindakan yang baik dan seksual untuk berdamai,” kata Joel menyimpulkan.

Di sisi lain, wanita dalam penelitian beranggapan jika menghabiskan waktu bersama dan minta maaf adalah cara paling efektif untuk berdamai. Hal ini mengungkapkan jika ikatan emosional sangat penting bagi wanita untuk hubungan asmara.

“Pria biasanya tidak dididik dalam masyarakat untuk memiliki kecerdasan emosional untuk mengungkapkan apa ang mereka rasakan, dan cenderung mengungkapkan diri secara fisik,” jelas Alisa Ruby Bash, PsyD, konselor pernikahan dan keluarga berlisensi di Malibu, California, Amerika Serikat (AS).

“Wanita biasanya dibesarkan untuk berkomunikasi dan membentuk ikatan yang intim, dan diajari oleh masyarakat untuk mengekspresikan perasaan secara verbal,” tambahnya.

Jadi bagaimana pasangan yang berbeda gender bisa berdamai jika mereka mengalami konflik? “Jika seorang pria bisa membuat wanita merasa aman secara emosi dan merasa dipahami, dan benar-benar minta maaf untuk kesalahannya dalam konflik, maka wanita bisa memaafkan dan lebih terbuka terhadap hubungan seksual,” terang Alisa.

Sumber: Reader Digest.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge