0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terima Lebih dari 28 Siswa Baru, SDN Diperingatkan

Kabid Pendidikan Dasar SD Disdik Solo, Wahyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta memperingatkan Sekolah Dasar (SD) Negeri yang menerima lebih dari 28 peserta didik baru untuk tahun ajaran 2017/2018. Mengacu  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 17/2017 jenjang SD, satu rombongan belajar (Rombel) atau kelas jumlah peserta didik maksimal 28 orang kecuali kelas paralel.

“Memang hingga saat ini terdapat laporan ada beberapa SDN yang kelebihan siswa dan kekurangan siswa,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) SD Disdik Kota Surakarta, Wahyono kepada wartawan, di Kantor Disdik Solo, Selasa (25/7).

Wahyono mengatakan, sejauh ini SDN tersebut menerima siswa lebih dari 28 siswa padahal kelas tersebut tidak pararel. Sementara ada SDN yang jumlah siswanya kurang dari 28 anak. Bahkan ada beberapa SDN yang jumlah siswanya di bawah 20 anak.

“Data ada di UPTD di masing-masing kecamatan,” ungkapnya.

Seharusnya, menurut Wahyono, Kepala Sekolah yang memiliki wewenang untuk menghentikan pendaftaran jika memang sudah memenuhi kuota, bukan malah berhubung peminatnya banyak malah menerima siswa di atas kuota.

“Padahal sebelumnya Disdik sudah memberikan sosialisasi terkait aturan penerimaan peserta didik baru untuk SD,” ungkapnya.

Wahyono menyatakan, bila semua SDN memenuhi peraturan yang ada, terutama terkait kuota maksimal peserta didik, besar kemungkinan kuota siswa di setiap sekolah di Solo bisa terpenuhi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge