0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BNN Buru Penyelundup Sabu Kelas Kakap

Pelaku penyelundupan narkoba dengan barang bukti (merdeka.com)

Timlo.net – Badan Narkotika Nasional (BNN) memasukkan seorang penyelundup narkoba, Abang, ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Abang diburu dalam pengembangan kasus, usai BNN menangkap Jan (28) pada Rabu (19/7) lalu dan menyita 10.534 kilogram sabu dari pelaku.

“Menurut keterangan Jan, sabu tersebut dia ambil dari seseorang kurir atas perintah seseorang yang dipanggil ‘Abang’ di parkiran Pelabuhan Punggur Batam,” kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso di kantor BNN, Jakarta, Selasa (25/7).

Jan menyimpan sabu itu di dalam mesin cuci dan siap dikirim. Namun barang haram itu belum dikirim lantaran belum menerima perintah dari Abang. Dari tugasnya itu, Jan mendapatkan upah Rp 2 juta per kilo.

“Setelah sabu tersebut disimpan di rumahnya, Jan terus menunggu perintah dari Abang untuk pengiriman selanjutnya,” ujarnya.

Jan dijerat pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1), pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati.

Diketahui, pada Rabu (19/7) BNN berhasil mengamankan Jan di sebuah rumah di daerah Sei Beduk, Batam. Jan diduga kuat berperan sebagai pengedar dan pengepul narkotika.

“Peredarannya telah berhasil ditangkap di Bandara Soekarno Hatta seberat 2.02 kg sabu dengan jumlah tersangka 3 orang tersangka (semuanya laki-laki), Jambi seberat 1 kg sabu dengan jumlah tersangka 2 orang (semuanya perempuan), Bali seberat 0,5 kg sabu dengan jumlah tersangka sebanyak 2 orang (semua laki-laki), dan Palembang seberat 4 kg sabu dengan tersangka 4 orang (3 perempuan dan seorang laki-laki), dengan total barang bukti sabu seberat 7,52 kg dengan modus diselipkan di dalam sepatu,” kata Waseso.

Setelah dilakukan penggeledahan, petugas berhasil menyita sabu seberat 10.534 kilogram, yang disimpan di mesin cuci.

“Setelah dilakukan penggeledahan di rumah Jan, petugas menyita sabu seberat 10.534 kilogram yang disembunyikan dalam mesin cuci. Sabu berasal dari Malaysia,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge