0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masa Depan Bidan Masih Cerah, Ini Buktinya

Kapping Day dan pemberian penghargaan mahasiswa berprestasi Akbid Giri Satria Husada Wonogiri (dok.timlo.net/ist)

Wonogiri — Paradigma masyarakat Wonogiri akan masa depan bidan nampaknya masih jauh terbelakang. Selama ini masih berkembang isu bahwa lulusan kebidanan tidak dapat mencari pekerjaan selain bidan. Tak ayal sudut pandang itulah yang membuat animo masyarakat terhadap akademi ini terbilang rendah.

“Siapa bilang lulusan mahasiswa kebidanan tidak bisa mencari pekerjaan lain, itu anggapan yang salah. Padahal banyak sekali pekerjaan yang berkaitan dengan kesehatan membutuhkan lulusan kebidanan,” ungkap Pembantu Direktur 2 Akademi Kebidanan (Akbid) Giri Satria Husada Wonogiri, Sri Widayatni saat dijumpai Timlo.net, di sela- sela acara sumpah janji bidan (kapping day) di Wonogiri, Selasa (25/7).

Dia menyebut, jika sudut pandang masyarakat Wonogiri, khususnya orang tua peserta didik, akan akademi kebidanan masih terbilang rendah dibandingkan kota-kota besar lainnya. Rata-rata penilaian masyarakat terkait masa depan bidan terlalu minir.

Image masyarakat ini masih terkotak sehingga animo masyarakat rendah. Ada lagi anggapan, lulusan kebidanan ya kerjanya sebagai bidan, padahal tidak sesempit itu. Bahkan, kalau kita lihat lulusan kebidanan masih memiliki banyak peluang di Wonogiri saat ini. Karena sesuai undang-undang, setelah mereka lulus bisa berkarya sebagai bidan mandiri,” jelasnya.

Dia mencotontohkan, sudah 16 angkatan lulusan Akbid bekerja di berbagai tempat dan posisi, baik di Wonogiri dan eks Karesidenan Surakarta, bahkan di luar Pulau Jawa. Di Wonogiri sendiri, tahun 2016 dan 2017,  ada sekitar 150 mahasiswanya lolos seleksi CPNS.

“Seperti tahun ini, ada lima mahasiswa lulusan Akbid Giri Satria Husada direkrut oleh Dinsos Wonogiri. Ada juga yang saat ini menjadi tenaga penelitian demografi kesehatan yang dilakukan UGM dan di BPJS. Bahkan saat ini juga ada lulusan kami yang sudah pegang empat klinik di Kalimantan dan gajinya pun lumayan tinggi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge