0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Weleh, Harga Garam Tembus Rp 19 Ribu per Pak

Pedagang saat menata garam dagangannya (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo —  Harga komoditas garam bata beryodium di Pasar Legi Solo terus merangkak naik sejak sebelum lebaran. Kondisi tersebut disebabkan karena pasokan barang dari tingkat produsen yang dianggap terus berkurang.

“Sekarang ini harga garam bata diangka Rp 19 ribu per pak, atau naik dari sebelumnya yang hanya di kisaran Rp 14 ribu per pak,” ujar salah seorang pedagang, Sri Rahayu kepada wartawan, Selasa (25/7).

Menurutnya, kenaikan harga komoditas garam bata tersebut sudah terjadi sejak sebelum Lebaran kemarin. Belum diketahui penyebab pastinya,namun disinyalir karena tingkat produksi yang berkurang akibat adanya anomaly cuaca.

“Barangnya juga susah, menurut informasi karena memang faktor cuaca sehinga mempengaruhi tingkat produksi,” jelasnya.

Sementara itu kondisi yang sama juga disampaikan pedagang lainnya. Salah seorang pedagang grosir garam, Viki mengaku kenaikan harga garam bata terus terjadi secara bertahap sejak beberapa pekan terakhir.

“Seminggu yang lalu kita masih jual Rp 14 ribu per pak, tapi sekarang sudah naik lagi di angka Rp 19 ribu per pak. Alasannya karena menyesuaikan harga beli dari pemasok,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge