0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perusahaan Ini Tanam Chip Implan Pada Para Pegawai Mereka

Microchip. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Implan untuk tujuan riset dan medis bukanlah hal baru. Tapi di masa mendatang sepertinya implan akan dipakai untuk mengidentifikasi siapa kita. Bahkan sebuah perusahaan di Wisconsin memberikan pilihan kepada para pegawainya jika mereka mau ditanami chip yang bisa digunakan di kantor.

Chip itu akan digunakan sebagai otentifikasi di tempat kerja. Saat pegawai melewati pintu masuk perusahaan atau menggunakan komputer, chip itu akan dipakai untuk memverifikasi identitas mereka. Chip itu juga bisa digunakan saat memasuki ruang istirahat atau kantin perusahaan. Pegawai tidak perlu membawa dompet karena chip bisa dipakai untuk membayar makanan. Perusahaan bernama Three Square Market itu mengaku jika kebijakan ini baru pertama kali diterapkan di Amerika Serikat (AS).

Untuk pegawai yang kuatir tentang privasi, mereka tidak perlu kuatir karena chip itu tidak dilengkapi dengan pelacak GPS. Jadi perusahaan tidak akan mengawasi gerak gerik pegawai sepanjang hari. Chip itu juga terenkripsi jadi para hacker tidak bisa mencuri data pegawai. Chip itu juga tidak permanen karena pengguna bisa mengeluarkannya jika mereka mau.

Ide ini adalah ide yang menarik dan bukanlah pertama kali terdengar. Awal tahun ini, sebuah perusahaan di Swedia memakai program yang serupa. Mereka menanamkan microchip kepada para pegawai mereka untuk tujuan serupa.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge