0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerima Bantuan RTLH Mengundurkan Diri, Bupati: Ini Preseden Buruk

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Sejumlah warga penerima bantuan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Baturetno mengundurkan diri. Penyebabnya, mereka tak mampu membayar upah pekerja. Dalam waktu dekat ini, Pemkab bakal memanggil tokoh masyarakat dan pamong desa untuk diajak berkoordinasi mencari solusi masalah tersebut.

“Kita akan mengabulkan pengunduran diri warga penerima bantuan. Kita akan menarik kembali bantuan dana rehab, tapi sebenarnya ini bukan solusi yang baik. Cara ini tidak bisa menumbuhkan kepedulian sosial kolektif. Bahkan, hal itu akan menjadi preseden buruk, ” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Senin (24/7).

Disampaikan, bantuan RTLH senilai Rp 15 Juta merupakan stimulan. Bantuan tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah karena kebutuhan rehab RLTH lebih besar dari itu. Sehingga, warga harus bergotong royong membantu agar rehab RTLH bisa terwujud. Bantuan dapat berupa tenaga sambatan atau bergotong royong tambahan material, konsumsi, dan sebagainya. Hal itu supaya penerima bantuan yang merupakan warga miskin tak terbebani.

“Tokoh masyarakatnya, kades, akan saya undang. Perlu ditumbuhkan kepedulian sosial. Masak tidak ada empati sama sekali saat ada warga yang betul-betul miskin butuh bantuan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge