0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Setor ke Perhutani Rp 450 Juta per Tahun

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Pengambilalihan tata kelola hutan Lawu di tiga kawasan oleh Pemkab Karanganyar bukan cuma-cuma. Per tahun, Pemkab wajib menyetor bagi hasil usaha kawasan wisata alam itu ke Perum Perhutani KPH Surakarta Rp 450 juta.

“Bisa dikelola dengan baik dan menghasilkan PAD tinggi. Kami optimistis dapat menghasilkan lebih besar dari itu (setoran Rp 450 juta ke Perhutani),” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, kemarin.

Perihal setoran wajib itu disepakati antara Pemkab yang diwakili Kadinas Budparpora Karanganyar Titis Sri Jawoto dengan Kepala KPH Perum Perhutani KPH Surakarta Eka M Ruskanda.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemkab Karanganyar ini mengatakan akan menata obyek hutan itu. Seperti menata ruang satuan parkir, pembangunan jalan, toilet dan sebagainya.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo mengaku tak ragu menyambut kerjasama tersebut. Apalagi pesona alam yang ditawarkan Gunung Lawu mulai dilirik wisatawan segmen khusus. Ia bersyukur penjajakan Pemkab ke Perhutani akhirnya membuahkan hasil.

“Prosesnya panjang hingga akhirnya hutan Lawu bisa dikelola Pemkab. Bisa dipastikan pengelolaan Pemkab tidak akan merusak lingkungan. Justru mengajak masyarakat sekitar membuka wahana baru tempat selfi, kuliner, penginapan dan lain-lain,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge