0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Lawu di Tiga Kawasan Dikelola Pemkab

Gunung Lawu (dok.timlo.ne)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar akhirnya memegang kendali pengelolaan hutan Lawu di tiga kawasan setelah menerimanya dari Perum Perhutani. Tiga kawasan itu adalah Sekipan, Pringgondani dan puncak Lawu meliputi Cemoro Kandang, Cetho dan Sukuh.

“Berita acaranya ditandatangani di Sekipan, Tawangmangu pada Jumat (21/7) lalu,” kata Kepala Disparpora Karanganyar Titis Sri Jawoto kepada wartawan, kemarin.

Hutan Lawu di tiga kawasan itu selama ini dikelola Perum Perhutani KPH Surakarta. Perjanjian yang dituangkan di surat nomor 552.2/48/PKS/XII/2016 dan Nomor 02/044.3/PKS/Sra/Divre-Jateng/2016 itu menyebut luasan dan batas geografis tiga kawasan yang dikelola Pemkab.

Menurut Titis, inilah yang selalu dinanti Pemkab untuk bisa memaksimalkan pengelolaan wisata, terutama kawasan hutan Lawu. Pemkab berencana memperbaiki tatanannya mulai infrastruktur dan fasilitas.

“Pengelolaan resmi oleh Pemkab per 1 Agustus 2017,” katanya.

Ia berjanji tidak akan meninggalkan pihak-pihak yang selama ini mendukung pelestarian hutan Lawu. Meski ke depan direncanakan untuk mendulang PAD, Pemkab tetap melibatkan masyarakat sekitar hutan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge