0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Naiknya Harga Garam Dicurigai Ada Kartel yang Bermain

Pedagang garam di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mencurigai adanya permainan kartel terhadap naiknya harga garam belakangan ini. Pasalnya, selain rantai distribusi yang dianggap terlalu panjang juga ada beberapa pengusaha besar yang menguasai pemasaran garam di pasaran.

“Memang kita akui bahwa ada faktor produksi yang berkurang akibat cuaca. Namun kalau melihat harga garam di pasaran akhir-akhir ini kenaikannya terlalu besar dan tidak wajar,” ujar Ketua KPPU, Syarkawi Rauf kepada wartawan, Senin (24/7).

Untuk menyikapi itu, Syarkawi mengaku saat ini jajarannya sedang mencoba fokus mendalami penyelidikan kasus tersebut. Dan kalau terbukti ada yang mencoba mempermainkan harga dengan mengurangi atau menimbus pasokan garam di pasaran, tidak segan untuk dilakukan penindakan.

“Karena kasus garam ini sangat mungkin ada yang melakukan permainan harga. Mengingat rantai distribusinya sekarang ini terlalu panjang, dan ada beberapa pihak yang menguasai pemasaran,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan penggerebakan gudang beras yang dilakukan oleh Satgas Mafia Pangan beberapa hari yang lalu, menurutnya ini adalah momen untuk melakukan perbaikan distribusi. Pasalnya saat ini, gap harga antara yang ditetap petani dengan pedagang terlalu tinggi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge