0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dokter Bedah Angkat 200 Batu Dari Tubuh Wanita Ini Karena Dia Malas Sarapan

200 batu empedu. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Lebih dari 200 baru diangkat dari tubuh seorang wanita Cina berusia 45 tahun dalam operasi yang berlangsung selama enam setengah jam. Para dokter bedah melakukan operasi ini pada pasien yang hanya disebut sebagai Nyonya Chen pada 15 Juli di the Guangji Hospital di Hezhou, Cina.

Beberapa batu berasal dari kantong empedu dan hati. Ukuran batu-batu itu sebesar telur. Biasanya orang yang obesitas, terkena diabetes atau dalam pengobatan untuk menurunkan kolesterol biasanya mengalami resiko terkena batu empedu. Berpuasa dan memiliki estrogen dalam jumlah banyak juga bisa menimbulkan kondisi ini.

Yang menarik, para dokter bedah wanita itu memberikan penjelasan unik kenapa ada 200 batu dalam tubuhnya. Dr. Quan Xuwei, salah satu dokter bedah menyatakan jika masalah ini dialami Chen karena dia kerap tidak sarapan.

Dia menambahkan kebanyakan pasien yang menderita hal yang sama dengan Chen biasanya tidak sarapan atau sarapan terburu-buru. Chen sendiri dikatakan tidak sarapan selama 10 tahun. Dia juga sering makan makanan sisa dan makan tidak teratur.

Chen mengalami sakit perut selama lebih dari 10 tahun. Dia hanya mencari pertolongan medis saat rasa sakit perutnya tidak tertahankan. Quan menjelaskan jika saat orang melewatkan sarapan, kantong empedu mereka berhenti menyusut atau mengembang. Hal ini menyebabkan empedu menumpuk di dalam kantong empedu. Pada akhirnya kondisi ini menyebabkan kolesterol dan tingkat kalsium yang tinggi.

Akan tetapi, para ahli dari the UK berkata jika kesimpulan ini hanyalah spekulasi tanpa bukti ilmiah yang mendukungnya. Wakil Presiden British Society of Gastroenterology Dr. George Webster berkata kepada the Daily Mail jika batu empedu adalah masalah global. Penyebabnya tidak selalu diketahui.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge