0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petani Tembakau Bersinar, Panen Raya Agustus

Petani tembakau di Kawasan Lereng Gunung Merapi Merbabu (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang panen raya, petani tembakau optimis hasil panen bakal bagus. Panen tembakau akan dimulai bulan Agustus mendatang. Petani tembakau rajangan di kawasan Lereng Gunung Merapi Merbabu misalnya, optimis hasil melimpah, harga juga bersinar.

“Cuaca selama tanam tembaku bagus,tidak turun hujan,saya tanam tembakau dua hektar,” kata Haji Kamto, salah satu petani tembakau di Desa Samiran, Selo, Boyolali, Senin (24/7).

Selain cuaca, sinar matahari sangat membantu dalam pertumbuhan tanaman tembakau. Untuk tembakau rajangan banyak ditanam di kawasan lereng gunung Merapi Merbabu, seperti Ampel, Boyolali Kota, Selo, Cepogo, Musuk, Boyolali Kota dan sebagian Kecamatan Mojosongo.

“Nanti tembakau kita rajang, setelah itu kita jual ke pabrikan,informasi dari pabrik tahun ini butuh tembakau banyak,” imbuhnya.

Terpisah, Sekjen Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah, Syukur Fahrudin, mengungkapkan, tahun lalu petani tembakau terpuruk. Kualitas hasil panen buruk karena dampak musim hujan berkepanjangan.

“Banyak yang hasil panen menumpuk,karena tidak terserap,” ujarnya.

Kondisi ini yang membuat petani menjadi trauma untuk menanam tembakau. Di wilayah Boyolali misalnya, banyak petani tembakau yang memilih menanam komoditas lainnya.

“Tahun ini ada pengurangan areal lahan tembakau,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge