0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penjelasan Hanafi Rais Soal Sikap PAN Terhadap Pemerintah

Hanafi Rais ()

Timlo.net – Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dikabarkan bertemu Presiden Joko Widodo jelang pengambilan keputusan 5 isu krusial RUU Pemilu. Saat paripurna, PAN memutuskan walkout dari ruang sidang.

Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais menilai, jika pertemuan antara Zulkifli dengan Presiden Jokowi menghasilkan kesepakatan soal RUU Pemilu maka ada kejanggalan yang membuat PAN walkout dari paripurna.

“Nah ketika sepakat bertemu, ya katakanlah ada pertemuan dan sepakat ada konsensus, tetapi di hari H, ketika akan pengambilan keputusan ternyata tidak pas, berarti ada something wrong. Apakah komunikasi Presiden dengan pihak-pihak lain, ataukah mungkin ketidaksetujuan di antara fraksi-fraksi lain,” kata Hanafi di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/7).

Kendati demikian, putra senior PAN Amien Rais ini, mengaku tidak tahu kejanggalan yang membuat PAN berbeda sikap dengan partai-partai pendukung pemerintah mendukung paket A RUU Pemilu. Kejanggalan itu pun harus segera dicari akar masalahnya.

“Jadi saya pikir, ada missing link yang harus ditemukan dan saya tidak tahu itu apa yang terjadi. Tetapi yang jelas saya kira semangat PAN sejak awal konsensus dan musyawarah mufakat begitu. Nah ketika tidak terjadi, berarti ada hal yang tidak dicapai dan itu harus ditemukan faktornya,” tegasnya.

Dia menyebut, PAN akan tetap mendukung pemerintah selama ada saling pengertian antara partai pendukung demi kepentingan rakyat. Oleh karena itu, pihaknya menyerahkan keputusan untuk merombak jajaran menteri khususnya kader PAN di Kabinet Kerja kepada Presiden Joko Widodo.

“Jadi kalau bicara soal reshuffle kabinet, itu tetap semua ini kita hanya menunggu maunya presiden seperti apa. Karena seperti yang saya tegaskan di awal, itu juga memang untuk memperkuat pemerintah dan juga waktu itu yang mengajak adalah Presiden,” tegasnya.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta pengurus DPP menarik mundur kader PAN, Asman Abrur dari pemerintahan. Asman diketahui menjabat sebagai Menpan RB.

Menyikapi permintaan ini, Hanafi menganggap desakan dari Amien Rais itu bisa menjadi masukan bagi Presiden Jokowi untuk melakukan evaluasi terhadap menteri-menterinya.

“Jadi saya pikir ini juga jadi bagian dan masukan buat presiden dan terserah, karena ketika PAN bergabung juga sebenarnya untuk pro pemerintah,” jelas dia.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge