0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Ingin Gunakan VR Untuk Platform Latihan

Latihan Google VR. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Google berpikir jika virtual reality (VR) tidak hanya cocok digunakan untuk video game dan hiburan saja tapi platform latihan. Google dan Daydream Labs milik perusahaan itu menguji kemungkinan menggunakan VR sebagai platform latihan untuk mengajarkan keterampilan.

Untuk menguji teknologi ini, Google mencoba melatih para peserta bagaimana menggunakan mesin espresso untuk membuat kopi. Para peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama belajar menggunakan video mesin espresso yang direkam dengan teknologi 3D. Video itu disertai tutorial yang detil bagaimana menggunakannya. Kelompok lain diminta menonton video YouTube untuk belajar bagaimana menggunakan mesin itu.

Kedua kelompok diberikan waktu sebanyak mungkin untuk belajar dan mengakrabkan diri dengan proses sebelum diminta membuat kopi. Menurut penemuan Google, kelompok yang dilatih dengan VR memerlukan waktu lebih sedikit. “Kelompok yang diminta menonton video tutorial YouTube secara normal perlu tiga kali, dan kelompok yang memakai latihan VR memerlukan dua kali,” ujar Google.

Saat diuji, Google juga menemukan jika mereka yang dilatih dengan VR membuat lebih sedikit kesalahan saat membuat espresso. Berdasarkan penelitian ini, latihan dengan VR sepertinya memiliki potensi.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge