0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencuri Batu Bara Tenggelam dan Hilang Saat Hendak Beraksi

(Ilustrasi) Tewas tenggelam (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Heri alias Kopla (30), warga Samarinda, Kalimantan Timur, dilaporkan hilang dan tenggelam di perairan Tambora muara Sungai Mahakam. Diduga, sebelumnya dia bersama empat rekan lainnya, hendak mencuri batubara di atas kapal tongkang. Hingga siang ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian.

Peristiwa itu terjadi Sabtu (22/7) siang, sekira pukul 11.30 Wita. Menggunakan KM Sembarang 01 bermuatan kurang lebih 6 ton limbah batubara, Heri bersama 4 rekannya Ansar (juragan kapal), Mustafa, Safrudin dan Aris sebagai ABK berlayar dari muara Berau, menuju Palaran di Samarinda.

Di saat bersamaan di perairan Tambora, melintas tongkang tanpa muatan, yang ditarik Tugboat Lintas Samudera juga mengarah ke Samarinda. KM Sembarang 01 pun merapat di sisi kanan tongkang yang tengah berlayar.

“Kabar itu kami terima sekira jam 18.46 Wita Sabtu (22/7). Jadi korban (Heri) naik ke atas tongkang, pakai tangga, untuk melihat sisa batubara yang ada di dalam tongkang,” kata Kepala Basarnas Kaltim-Kaltara Kantor SAR Balikpapan Mujiono, seperti disampaikan Kasi Operasi Octavianto dalam keterangannya, Minggu (23/7).

“Saat menaiki dinding tongkang, pegangan tangan Heri lepas dan jatuh di pinggira tongkang, kemudian ke lantai kapal (KM Sembarang 01) dan terpental ke sungai. Tidak muncul lagi,” tambah Octavianto.

Paska kejadian, lanjut Octavianto, juragan kapal dan 3 ABK, sempat mencari korban menyisir perairan, meski hasilnya nihil.

“Hingga akhirnya dilaporkan ke Satpolair Kukar, dan akhirnya informasinya sampai ke kita. Tim Basarnas dari Balikpapan, sejak malam tadi, sudah berada di lokasi pencarian di Anggana, bergabung bersama unsur SAR lain seperti Polair Anggana, BPBD, Tagana, dan KPLP Samarinda,” terang Octavianto.

“Mulai jam 7 pagi tadi, tim SAR gabungan menyisir perairan, mencari korban menggunakan perahu karet, kapal patroli KPLP, speedboat dan kapal warga,” demikian Octavianto.

[rhm]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge