0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelajar SMP Curi HP Dua Kali, Pelaku Hanya Wajib Lapor

(Ilustrasi) Pencuri (dok.merdeka.com)

Wonogiri – ARM (14) pelajar kelas I SMPN asal Kecamatan Girimarto ini ditangkap petugas lantaran mencuri handphone (HP) di Kecamatan Sidoharjo. Bahkan, selama sepekan dia dua kali beraksi. Akibat kenakalannya itu, pelaku dikenai diversi dan harus wajib lapor dua kali sepekan.

“ARM ini ditangkap Mapolsek Sidoharjo, Sabtu (22/7) sekitar pukul 13.00 WIB. Dia mencuri handphone milik Gilang Adi Pamungkas (16) warga Kenteng, Ngadirojo di ruko milik Suparno utara Pasar Sidoharjo,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora melalui Kasatreskrim AKP Muhamad Kariri, Minggu (23/7).

Diceritakan Kasatreskrim, sebelum beraksi, ARM berpura-pura membeli sebuah bolpoint. Saat penjaga toko mengambil uang kembalian, ARM langsung mengambil handphone yang tergelatak di atas etalase. Kemudian dia pergi beitu saja.

Terbongkarnya kasus ini, gara-gara HP curiannya itu dipasangi kode keamanan. Karena tidak bisa membuka, HP tersebut dibawa ke konter HP yang untuk diflash. Lalu pelaku pergi.

”Sekitar pukul 16. 00 WIB pelaku kembali lagi ke konter. Ternyata di tempat itu pelaku sudah ditunggu pemilik HP. Langsung saja pelaku ditangkap dan diserahkan ke Mapolsek Sidoharjo,” kata dia.

Saat diinterogasi petugas, pelaku mengakui perbuatannya. Bahkan dia juga mengaku sempat menggasak HP di konter Angkasa, Jumat(21/7) .

Karena masih di bawah umur, pelaku akan dilakukan proses diversi terlebih dahulu. Ancaman hukumannya di bawah tujuh tahun, maka pelaku dikembalikan kepada orang tua.

Selain itu, pihak keluarga penjamin membuat surat permohonan agar tidak dilakukan penahanan berkaitan dengan kasus ini. Menyatakan pelaku tidak akan mengulangi kejadian yang sama. Juga tidak menghilangkan atau merusak barang bukti. Setiap saat dapat hadir kalau dibutuhkan dalam proses penyidikan.

”Serta wajib apel dua kali seminggu yaitu setiap hari Senin dan Kamis di Polres Wonogiri,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge