0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

APBD Perubahan, Pemkot Prioritaskan Enam Bidang

Solo – Pemkot Solo menyasar enam bidang skala prioritas dalam alokasi APBD Perubahan 2017. Enam bidang tersebut yakni, Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Ketenteraman dan Ketertiban Umum, serta Perlindungan Masyarakat dan Sosial.

“Enam bidang ini dirasa sangat mendesak untuk dilakukan anggaran di APBD-P tahun 2017 ini,” terang Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (23/7).

Terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan belanja daerah diproyeksikan naik. Untuk PAD, diproyeksikan mengalami kenaikan sebesar 13,05 persen pada APBD perubahan ini. Sedangkan untuk belanja daerah, pada belanja tidak langsung naik 5,52 persen dan belanja langsung 12,03 persen.

“PAD naik sekitar Rp 56,15 miliar, sehingga total mencapai Rp 486miliar dari sebelumnya Rp 430 miliar. Kenaikan ini dipicu oleh penambahan pajak daerah dan pengelolaan kekayaan daerah, serta dengan PAD dari sektor lainnya,” katanya.

Sementara, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo, Supriyanto menegaskan bahwa pengajuan RKA tidak diperbolehkan untuk membiayai perjalanan dinas. Di samping itu, APBD-P juga tidak boleh untuk kegiatan fisik berskala besar.

“Asal bukan kegiatan baru dan berisiko tinggi tak masalah. Seperti pembangunan gedung, ya jangan. Begitu pula dengan penyertaan modal. Perbaikan jalan lingkungan juga bisa dilakukan, namun harus dipertimbangkan titik-titik mana yang prioritas untuk diperbaiki,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge