0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ingat! Perilaku Bullying terhadap Anak Dapat Menular

Ilustrasi anak korban kekerasan (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel mengatakan, perilaku kekasaran atau bullying terhadap anak itu dapat menular.

“Menular, tapi jangan dibayangkan kayak ketularan bakteri atau virus. Kehadiran teman sebaya seringkali dianggap lebih penting berpengaruh dan berisiko dibanding dewasa bahkan orang tau sekalipun,” kata Reza Indragiri Amriel dalam diskusi yang bertema ‘Berpihak Pada Anak’ di Warung Daun Cikini, Sabtu (22/7).

Dia menjelaskan maraknya kasus bullying terhadap anak yang memasuki tahap remaja. Mereka masuk ke dalam kelompok rentan. Di mana remaja lebih mendengarkan teman sebayanya dibanding orang tua.

“Faktor penariknya adalah saya katakan teman sebaya seringkali dianggap sangat berpengaruh sehingga ketika teman mengajak, orang tua melarang bisa jadi lebih patuh lebih mendengar apa yang disampaikan oleh teman-temannya,” ujarnya.

Bukan hanya pengaruh dari teman, tapi kurang percaya diri anak membuat rentan menjadi korban dari kekerasan.

“Itu sebabnya kampanye anti Narkoba itu bunyinya sederhana say no to drugs. Say no to bullying, say no to sex kemampuan anak untuk berkata tidak,” tutup Reza. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge