0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atur Lalu Lintas, Pak Ogah bakal Digaji Setara UMR

(dok.merdeka.com)

Timlo.net — Polda Metro Jaya bakal menggandeng warga biasa membantu mengatur lalu lintas atau biasa disebut Pak Ogah. Nantinya para Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas (Supeltas) ini bakal diberi gaji sesuai upah minimum regional (UMR) di DKI Jakarta.

Langkah ini dilakukan karena di Jakarta tengah banyak pembangunan infrastruktur. Sehingga beberapa ruas lalu lintas mengalami kemacetan.

“Supeltas merupakan sukarelawan pengatur lalu lintas diharapkan diberi bantuan dari CSR dari beberapa perusahaan setempat yang nilainya setara UMR (Upah Minimum Regional),” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra di Jakarta, Sabtu (22/7).

Halim mengatakan mengenai anggaran dana akan dibicarakan dengan pemerintah daerah (Pemda) melalui dana Company Social Responsibility (CSR) dari beberapa perusahaan. Pak Ogah ini nantinya juga dibekali rompi khusus dan peralatan menunjang pekerjaan mereka.

Halim mengharapkan dengan gaji tersebut tidak akan ada lagi pungli dilakukan para Pak Ogah terhadap para pengendara khususnya roda empat seperti sering dikeluhkan. Dengan berdayakannya Pak Ogah ini menjadi Supeltas selain akan membantu tugas kepolisian juga membantu mengurangi pengangguran di Jakarta.

Selain membentuk Tim Supeltas, Halim juga akan menambah pasukan untuk ditempatkan dibeberapa titik kawasan Ibu Kota. Selain itu, dia juga tengah memaksimalkan fungsi trotoar untuk pejalan kaki sering diserobot para pengendara sepeda motor dengan melakukan penindakan dengan denda maksimal.

Tidak hanya itu, pelanggar lalu lintas sering melawan arus juga akan menjadi fokus polisi lalu lintas untuk dilakukan penindakan karena sering menjadi pemicu kecelakaan. “Ada anggota di situ. Kita tilang. Kalau kita berlakukan Perda bisa satu tahun kurungannya. Kalau menurut perda itu. Ditilang maksimal juga,” terangnya. [ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge