0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peretas Situs DPMPTSP Solo Dilaporkan ke Polisi

Situs DPMPTSP Solo diretas (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkot Solo mengaku kecolongan dengan tindakan peretas yang berhasil membobol situs milik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Solo, Selasa (18/7) lalu. Meski begitu, Diskominfo tak tinggal diam dan segera mengambil tindakan agar kejadian tersebut tak terulang.

“Kita memang kecolongan itu, sebab itu situs lama dan belum dikoordinasikan dengan Diskominfo. Sudah kita upayakan untuk perbaikan websitenya,” ungkap Kasi Infrastruktur Diskominfo setempat, Taufan Redina, Sabtu (22/7).

Taufan mengatakan selama ini situs-situs milik pemerintah memang cukup rawan untuk diretas. Karenanya pihaknya telah berkoordinir dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kota untuk bisa mengamankan website miliknya melalui Diskominfo.

“Kan ada dua, situa lama kemungkinan besar belum berada dibawah Diskominfo. Kalau yang baru seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan, sudah kita amankan,” terangnya.

Dikatakan serangan siber terhadap laman milik Pemkot tersebut merupakan serangan ringan. Namun untuk memberikan efek jera, Diskominfo melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.

“Sudah kita laporkan ke pihak kepolisian, dan kita bantu dengan melacak jejak digital yang ditinggalkan oleh pelaku. Berdasarkan pelacakan alamat IP pelaku, pelaku berada di Medan, Sumatera Utara,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge