0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Keraton Tunggu Harga Penawaran Sewa Alun-alun Utara dari Pemkot

Ketua Satgas Panca Narendra, KGPH Benowo (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo telah berkomunikasi dengan Keraton Surakarta terkait perpanjangan sewa Alun-alun Utara. Bangunan Pasar Darurat yang saat ini masih berdiri di Alun-alun sisi Timur itu akan dimanfaatkan kembali untuk menampung pedagang Pasar Klewer Timur selama bangunan pasar direnovasi.

“Terakhir kita bicara dengan pihak Keraton, mereka setuju (diperpanjang),” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Kamis (21/7).

Menurut rencana, sewa lahan Alun-alun Utara akan diperpanjang satu tahun terhitung Agustus mendatang. Pemkot menyediakan anggaran hingga Rp 1,5 Miliar untuk memperpanjang sewa lahan pasar darurat itu. Namun demikian, angka tersebut belum final mengingat kesepakatan tertulis antara Pemkot dengan Keraton belum ditandatangani.

Apalagi, anggaran yang tersedia saat ini jauh di bawah nilai sewa yang ditawarkan pada periode sebelumnya. Selama dua tahun pembangunan Pasar Klewer Barat, Pemkot menyewa Alun-alun Utara dari Keraton Surakarta senilai Rp 23 Miliar.

“Kita terus jalin komunikasi. Detilnya juga akan kita bahas lebih lanjut,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Satgas Panca Narendra, KGPH Benowo mengaku tidak keberatan bila Pemkot ingin memperpanjang masa sewa. Ia menunggu pembicaraan lebih lanjut dari Pemkot terkait luas lahan yang dibutuhkan dan harga sewa yang ditawarkan.

“Pada intinya kita siap membantu supaya pedagang tetap bisa berjualan. Toh ini demi kepentingan orang banyak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge