0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2018, Penghuni RTLH dapat Fasilitas Kesehatan Gratis

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Mengantisipasi lonjakan jumlah pasien, Pemkab Wonogiri akan pembangunan gedung rawat inap tiga lantai di RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri. Bahkan, sebagian gedung tersebut hendak digunakan sebagai bangsal kelas 3 sebagai wujud program pelayanan kesehatan gratis mulai tahun 2018 mendatang.

“Tahun ini, pembangunan gedung tiga lantai di RSUD kami lanjutkan, ” kata Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Jumat (21/7).

Bupati menjelaskan, pelayanan di bangsal kelas 3 akan digratiskan karena sebagian besar pasiennya berasal dari keluarga miskin. Adapun penerima layanan kesehatan gratis itu adalah keluarga penghuni Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Menurutnya, keluarga yang menghuni RTLH sudah dipastikan tidak mampu.

“Untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga miskin, kami telah menyediakan anggaran Rp 13 Miliar, dan saya rasa ini cukup untuk mengkaver,” jelasnya.

Disebutkan, anggaran sebesar itu dirasa cukup untuk mengkaver program kesehatan gratis. Disisi lain, pihaknya pun telah menghitung kebutuhan itu berdasarkan biaya yang dikeluarkan RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri pada bangsal kelas 3.

Kabid Pelayanan Medik RSUD SMS Wonogiri, Adi Dharma menambahkan, proses lelang pembangunan gedung tiga lantai kini tengah berjalan. Adapun anggaran yang dialokasikan tahun ini mencapai Rp 12, 5 Miliar dari APBD Wonogiri. Gedung tersebut nantinya digunakan sebagai bangsal kelas 3 dan kelas 2 dengan dilengkapi sekitar 200 tempat tidur.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge