0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buron 8 Tahun, Terdakwa Penggelapan BPKB Divonis 1 Tahun 10 Bulan

Ilustrasi (dok.merdeka.com)

Sukoharjo — Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sukoharjo dalam sidang kasus penggelapan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) memutuskan terdakwa bersalah dan menjatuhi hukuman 20  bulan penjara. Putusan ini lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Terdakwa sering berbelit belit saat memberikan penjelasan terkait penggelapan tersebut. Tetapi yang menjadi pertimbangan lainnya adalah terdakwa mengakui telah melakukan penggelapan serta beralasan harus menghidupi keluarga karena ia yang menjadi tulang punggung selama ini,” kata Ketua Majelis Hakim, Dewi Endaryati, Jumat (21/7).

Sebelum akhirnya diputuskan bersalah oleh Pengadilan Negeri Sukoharjo, terdakwa Ali Budiono (56) sempat menghilang selama delapan tahun. Terdakwa sempat melarikan diri di Kalimantan Timur dan berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Sukoharjo pada Bulan Februari 2017.

Terdakwa, Ali Budiono (56) melakukan penggelapan BPKB milik Adi Basuki (57), warga Desa Cemani, Kecamatan Grogol. Kasus tersebut dilaporkan kepada pihak kepolisian oleh korban, namun terdakwa melarikan diri dan menjadi buron Polres Sukoharjo selama delapan tahun.

“Saudara Ali Budiono ini sempat kabur dan masuk DPO setelah dilaporkan oleh korban delapan tahun yang lalu. Setelah kita lakukan penyelidikan, kita ketahui terdakwa ini yang saat itu menjadi tersangka diketahui berada di Kalimantan Timur, dan langsung kita lakukan penangkapan,” tandas Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Rifeld Konstantine Baba.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge