0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Industri TPT Tak Terpengaruh Ekonomi Global

Wakil Ketua API Jateng Lilik Setiawan (dok.timlo.net/setyo pujis)
Solo — Lesunya perekonomian global yang terjadi pada semester pertama 2017 tak mempengaruhi kinerja dari industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dalam negeri. Pasalnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri masih tumbuh positif, sehingga dianggap dapat diandalkan untuk mendongkrak tingkat konsumsi.
 
“Meskipun kondisi ekonomi global sekarang ini ada penurunan, tapi kita masih optimis khusus untuk industry TPT masih bisa tumbuh. Karena kita masih terbantu dengan konsumsi dalam negeri,” ujar Wakil Ketua API Jateng Lilik Setiawan kepada wartawan, Jumat (21/7).
 
Hasil evaluasi yang dilakukan, dirinya menyebut pada triwulan pertama tahun ini capaian produk domestik bruto untuk industry TPT masih tumbuh 0,03 persen. Dan berpeluang masih bisa mengalami pertumbuhan cukup signifikan hingga akhir tahun nanti.
 
“Kendati potensinya masih bisa tumbuh, namun kita berharap agar pemerintah bisa melakukan proteksi pada industry TPT. Baik dengan menindak tegas impor tekstil ilegal maupun dengan memberikan insentif untuk energi listrik dan gas,” jelasnya.
 
Hal itu mengingat, karena untuk industri TPT mampu melakukan penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Bahkan perannya saat ini bisa menjadi jarring pengaman sosial untuk masyarakat.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge