0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malaysia Larang Lagu “Despacito” Diputar di Radio dan TV

Luis Fonsi. (Dok: Timlo.net/ Miami.com )

Timlo.net—Lirik lagu hit “Despacito” rupanya terlalu eksplisit sehingga dilarang diputar di radio Malaysia. Lagu yang paling sering diputar online itu tidak akan diputar di radio dan TV resmi di Malaysia.

Menteri Komunikasi Malaysia Salleh Keruak menjelaskan keputusan itu dibuat karena keluhan masyarakat. Mereka mengeluh jika lirik lagu “Despacito” dianggap terlalu vulgar. Akan tetapi, pemberitaan yang ada mengklarifikasi jika larangan itu hanya berlaku untuk stasiun radio dan televisi yang dimiliki pemerintah. Radio dan TV swasta dibolehkan memutar lagu itu. Menteri Komunikasi meminta media swasta lebih sensitif saat memutar lagu itu.

Karena lirik lagu yang vulgar, media swasta diminta menghormati budaya lokal dengan menyensor bagian-bagian sensitif dalam lagu. Kepala Biro Seni dan Budaya Malaysia Artiza Umar mendukung pelarangan itu bahkan menyebut lagu itu bermasalah.

“Lagu-lagu seperti ini tidaklah cocok untuk budaya timur dan budaya Islami kita,” tambah Artiza. Dia juga mendesak Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia untuk lebih tegas menghadapi masalah-masalah seperti ini karena bisa merusak moral bangsa mereka.  Tentu saja larangan ini tidak berlaku untuk perangkat pribadi. Masyarakat bisa memutar lagu ini dalam perangkat pribadi mereka. Lagu “Despacito” menjadi sensasi dunia sejak diputar awal tahun ini.

Versi asli lagu itu dibawakan oleh penyanyi Puerto Rico Luis Fonsi bersama dengan rapper Daddy Yankee. Versi remix lagu itu dibawakan oleh Justin Bieber. Semenjak itu popularitas lagu itu meroket lebih tinggi. Lagu itu diputar online 4,6 miliar kali. Hal itu membuat lagu itu menjadi lagu paling sering diputar online.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge