0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wacana Dana Stimulan untuk Museum Swasta, Ini Tanggapan Dewan

Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Paulus Haryoto (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Rencana Pemkot memberikan dana stimulan pengelolaan museum di Kota Solo sedang digodok anggota legislatif. Dengan pemberian dana tersebut, diharapkan museum dapat berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan.

”Untuk bantuan dana stimulan ini saya rasa lebih dari Rp 5 juta bisa, atau bahkan Rp 10 juta untuk tiap museum,” terang Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Paulus Haryoto, Jumat (21/7) siang.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Solo mengajukan dana alokasi sekitar Rp5juta untuk eksistensi tiap museum di Kota Solo.

Beberapa museum yang lokasinya ada di Solo yakni Museum Samanhudi, Rekso Pusaka (Mangkunegaran), Keraton Kasunanan, Batik Danarhadi, Monumen Pers, Dullah, dan Lokananta. Museum-museum ini kepemilikannya beragam, mulai dari milik keraton, baik Kasunanan ataupun milik Mangkunegaran. Ada juga yang merupakan milik Badan Usaha Milik negara (BUMN), selebihnya milik swasta.

“Kedepannya, museum diharapkan menjadi salah satu ikon destinasi pariwisata yang medatangkan lebih banyak wisatawan,” kata Paulus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge