0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPUD Asumsikan Pilkada Karanganyar Diikuti Enam Paslon

Komisioner KPU Karanganyar menyampaikan sosialisasi pencalonan dan pentahapan Pilkada 2018 (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar mengasumsikan enam pasangan calon maju di Pilbup 2018 mendantang. Asumsi itu didasari kemungkinan pencalonan oleh parpol dan gabungannya serta pencalonan perseorangan.

“Pencalonan bisa memakai jalur parpol maupun perseorangan. Kami mengasumsikan terdapat enam pasangan yang maju. Empat dari parpol dan gabungannya sedangkan dua dari perseorangan,” kata Ketua KPUD Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho kepada Timlo.net, Kamis (20/7).

Asumsi itu bukan tanpa dasar. Berdasarkan komposisi kursi di DPRD, parpol dengan minimal sembilan kadernya di parlemen dapat mengusung sendiri calon kepala daerah. Dalam hal ini, PDIP yang meraih 14 kursi secara otomatis berhak. Sedangkan parpol lainnya harus berkoalisi karena perolehan suara di pemilu legislatif lalu tak mencukupi minimal jumlah kursi untuk bisa mengusung calon secara mandiri.

Sesuai hasil pleno rekapitulasi suara perolehan kursi parpol dalam pemilu legislatif DPDR Kabupaten Karanganyar diketahui PDIP meraih 14 kursi, Partai Golkar delapan kursi, PKS enam kursi, Partai Gerindra empat kursi, PKB empat kursi, Partai Demokrat empat kursi, Partai Hanura dua kursi dan PPP satu kursi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge