0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Smart Harness Akan Bantu Penderita Stroke Berdiri Lagi

Smart harness. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Tergantung dari tingkat keparahan stroke, mobilitas penderita bisa terpengaruh. Dalam beberapa kasus, stroke yang cukup parah membuat penderita tidak bisa berjalan sepenuhnya sehingga harus memakai kursi roda. Untuk mengatasi hal ini, sekelompok peneliti menciptakan sebuah alat yang disebut smart harness. Alat itu bertujuan untuk menolong penderita stroke untuk berjalan lagi.

Alat itu digantung di plafon dan dipasangkan dengan smart programming, dengan algoritma yang terus menerus membuat penyesuaian untuk mendukung dan memberi kekuatan tubuh sesuai kebutuhan pasien. Hal ini karena setelah luka atau gangguan saraf, tubuh kita perlu diajari cara berjalan lagi. Penderita gangguan saraf juga biasanya mengalami penurunan massa otot, karena menghabiskan sebagian besarnya hidupnya di tempat tidur dan tidak bisa bergerak. Hal ini mempersulit mereka bergerak.

Alat smart harness ini bisa terus berubah dan beradaptasi sesuai kebutuhan pasien. Alat itu juga bisa menolong proses rehabilitasi dan pemulihan pasien. “Para pasien tidak bisa bergerak tanpa bantuan asisten (nonambulatory) bisa berjalan secara alami dengan harness ini, di mana para pasien ambulatory menunjukkan daya penggerak terampil yang berkembang seperti keseimbangan, kordinasi bagian tubuh, penempatan kaki dan pergerakan,” tulis para peneliti.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge