0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Organisasi Birokrasi Bakal Stagnan 21 Bulan?

Sekda Karanganyar, Samsi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Organisasi Birokrasi Pemkab Karangantar diprediksi bakal lesu hampir dua tahun ke depan. Ternyata, larangan petahana memutasi aparatur sipil negara (ASN) tidak hanya selama 6 bulan jelang pendaftaran calon bupati-wabup, namun juga sampai pelantikan kepala daerah terpilih 2018 plus enam bulan setelahnya.

“Enam bulan sebelum daftar berarti Agustus 2017-Februari 2018. Setelah itu ditunjuk Plt bupati (bupati definitif cuti di luar tanggungan negara) yang juga tidak mempunyai wewenang memutasi ASN. Sampai pelantikan bupati-wabup terpilih pada Desember 2018. Nah, selama enam bulan setelah itu, bupati-wabup terpilih juga dilarang memutasi pejabat. Artinya, 21 bulan tanpa mutasi, memindah maupun memecat ASN,” kata Sekda Pemkab Karanganyar, Samsi kepada Timlo.net di Tawangmangu, Kamis (20/7).

Jabatan bupati selama menjalani cuti di luar tanggungan negara dipegang oleh orang yang disetujui menteri dalam negeri. Sedangkan jabatan ASN yang kosong akan dipegang oleh pelaksana tugas.

Ditanya nasib organisasi birokrasi yang butuh penyegaran, Sekda menyebut para pejabat harus bertahan di posisinya sekarang.

“Biar (ASN) betah beradaptasi,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge