0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Salah Sasaran, Dinsos Lakukan Home Visit

Karanganyar — Tim Dinas Sosial melakukan home visit calon penerima bantuan penyandang disabilitas kategori berat sebelum dan setelah uang diterima. Cara ini untuk mengetahui pemanfaatan dan kepantasannya menerima bantuan itu.

“Jangan sampai uang itu tidak dibelanjakan sebagaimana mestinya oleh keluarga penyandang disabilitas. Pernah suatu ketika anaknya berkondisi memprihatinkan. Dia seperti tidak diperhatikan orang tuanya. Lalu uang bantuan itu kemana? Lalu saya tegur orangtuanya,” kata Kasi Rehabilitasi Dinas Sosial Karanganyar, Sulistyowati kepada Timlo.net di kantornya, Selasa (18/7).

Ia mengatakan, bantuan itu bisa dialihkan ke orang lain apabila tidak disalurkan sesuai peruntukan. Disebutnya, terdapat 45 pemohon dalam daftar antrean usulan program itu. Pada prinsipnya, seorang penerima bisa kembali diusulkan mendapat bantuan itu di tahun-tahun setelahnya selama masih hidup. Orang lain dapat menggantikannya apabila meninggal dunia.

Kepala Dinsos, Agus Heri Bindarto mengatakan tidak ada alokasi dana sosial tertuju penyandang disabilitas berat. Namun, APBD murni 2017 sekadar mengalokasikan operasional tujuh pendamping program dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) serta akan ditambah di APBD perubahan bagi 11 pembantu pendamping.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge