0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Satpol PP Kewalahan Hadapi Banyaknya Pedagang Ilegal

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Satpol PP, Agus Sis (timlo.net/heru gembul)

Solo — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo mengaku kewalahan dengan banyaknya pedagang bermobil yang berjualan secara ilegal di taman parkir dan Pasar Cinderamata kawasan Pasar Klewer. Sebab disinyalir jumlah mereka mencapai 200 orang pedagang, yang beroperasi secara sembunyi-sembunyi.

“Ya kucing-kucingan dengan petugas. Tak jarang mereka membongkar dagangan dan menyaru sebagai suplier pasar. Padahal mereka sebenarnya berdagang,” kata Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Satpol PP setempat, Agus Sis, Kamis (20/7).

Selain permasalahan itu, petugas juga kesulitan dalam menertibkan pedagang bermobil dikarenakan kurangnya bukti dan saksi untuk membawa permasalahan ini ke jalur hukum. Operasi yang sempat dilakukan petugas adalah dengan menyamar menjadi pembeli, namun hal itu bisa disangkal, sebab pedagang merasa dipancing dengan adanya pembeli palsu.

“Makanya sekarang sudah tidak dilakukan pancingan seperti itu, karena pedagang bisa mengelak. Sekarang kita tetap menggelar operasi dengan cara menempatkan petugas tak berseragam, tetapi hanya mengamati apakah ada transasksi atau tidak, jika ada baru kita amankan,” terang dia.

Dikatakan, selain soal upaya penangkapan, tak jarang penindakan yang dilakukan oleh Satpol PP dianggap sepele oleh para pedagang. Pasalnya, setelah ditangkap dan dilakukan pemberkasan, sidang tipiring yang dilakukan di PN hanya memberikan sanksi denda kepada para pedagang.

“Sanksinya berupa denda, nilainya relatif lebih kecil dari hasil penjualannya. Makanya pedagang tetap nekat berjualan.” kata Agus Sis.

Sementara Kepala Satpol PP Solo, Sutardjo mengatakan, ke depan pihaknya akan mengintensifkan petugas patroli. Petugas tersebut akan dibagi menjadi dua tim, yakni tim berseragam dan tim non seragam. Hal ini diklaim bisa mengurangi jumlah pedagang bermobil yang beroperasi di taman parkir pasar Klewer.

“Ya kita intensifkan, dalam pekan ini saja audah dua kali kita gelar operasi, semoga bisa menekan keberadaan pedagang bermobil,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge