0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

PLS, Siswa Baru Dikenalkan Gerakan Pungut Sampah

PLS di SMPN 8 Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 256 calon peserta didi SMP Negeri 8 Surakarta mengikuti Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang diselenggarakan selama tiga hari di sekolah setempat. Dikatakan masih sebagai calon siswa karena belum menandatangani tata tertib yang berlaku di SMPN 8 Surakarta.

“Kelas VII ( tujuh ) atau siswa baru dikatakan  masih calon,  karena harus menghadapi dulu tata tertib sekolah tahun pelajaran 2017 / 2018,” jelas Kepala SMPN 8 Surakarta, Nugroho kepada wartawan, Kamis (20/7).

Nugroho mengatakan, bagi siswa yang tidak bisa mengikuti PLS dengan baik maka tahun depan harus mengulangi lagi. Pengenalan lingkungan fisik sekolah dilakukan  karena jelas berbeda dengan lingkungan sekolah terdahulu (SD/MI). Termasuk di dalamnya penyesuaian dengan karakter, apabila tepat beradaptasi maka prestasi akademik akan diperoleh secara maksimal.

Kegiatan PLS bagi siswa baru SMPN 8 Solo diantaranya berupa upacara pembukaan, pengisian formulir, pengenalan siswa baru, ekstrakurikuler, warga sekolah, Visi dan Misi, keliling lingkungan sekolah. Selain itu, juga Pengenalan Dasar-Dasar Pendidikan Baris Berbaris (PBB) dan Tata Upacara Bendera (TUB), Keselamatan berlalui lintas, etika komunikasi, etika pergaulan, penyelesaian masalah.

Kegiatan lain termasuk dalam  kegiatan PLS, seperti Pengenalan Budaya dan tata Tertib Sekolah, penanaman karakter, kegiatan bahaya pornografi dan Narkoba, adiwiyata, GPS (Gerakan Pungut Sampah), Eco maping, penutupan PLS. Istirahat pertama dilakukan Ibadah Sunah dan istirahat ke 2 untuk Ibadah Wajib. Kegiatan PLS juga mendatangkan dari petugas luar yaitu Petugas Polsek Jebres dan Puskesmas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge