0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inikah Alasan Sebenarnya Orang Menderita Insomnia?

Tidur. (Dok: Timlo.net/ Daily Mail.)

Timlo.net—Ada beberapa gejala yang menandakan seseorang menderita insomnia. Gejala-gejala itu adalah kesulitan untuk tidur, bangun dalam waktu lama di malam hari, terbangun beberapa kali di malam hari, bangun lebih awal di pagi hari dan tidak bisa kembali tidur, tidur tapi tidak nyenyak, sulit tidur siang walaupun merasa lelah, merasa lelah dan gampang marah di siang hari, sulit berkonsentrasi.

Sebuah penelitian baru dari para peneliti di the Duke University, South Carolina, Amerika Serikat (AS) berkata jika insomnia bisa disebabkan karena insting bertahan hidup. Para pemburu modern di suku Hadza di Tanzania diamati oleh para peneliti ini selama tiga minggu.

Suku ini rupanya beroperasi di malam hari. Salah seorang anggota suku harus tetap bangun sedangkan yang lain tidur. Hal ini dilakukan untuk menjaga suku dari ancaman bahaya. Selama tiga minggu observasi, 33 anggota suku itu hanya tidur selama 18 menit.

Salah satu peneliti, seorang associate professor bernama Charlie Nunn berkata: “Banyak orang tua pergi ke dokter mengeluh jika mereka bangun lebih awal dan tidak bisa tertidur lagi. Tapi mungkin tidak ada yang salah dengan mereka. Mungkin beberapa masalah medis yang kita miliki saat ini bisa dijelaskan bukan sebagai gangguan, tapi sebagai sisa dari peninggalan evolusioner di masa lalu yang bermanfaat.”

Sumber: indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge