0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cina Jual Drone Paling Mematikan Mereka Setengah Harga Drone Amerika

Drone Rainbow. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Drone Reaper milik militer Amerika Serikat (AS) mungkin menakjubkan, tapi drone milik Cina ini diklaim lebih baik. Drone Reaper milik Amerika membanggakan diri sebagai pesawat tanpa awak berkemampuan militer pertama di dunia. Akan tetapi, Cina sekarang muncul dengan sesuatu yang mereka klaim lebih baik dan lebih murah dibandingkan Predator. Drone itu disebut CH-5 Rainbow, sebuah drone yang bisa membawa 16 misil dan terbang selama 120 jam.

Rainbow bisa menempuh jarak lebih dari 10 ribu km dan menggunakan tampilan antar muka yang sangat sederhana. Bahkan seorang mahasiswa dengan pengetahuan penerbangan yang terbatas dikatakan bisa menerbangkan drone ini. Dia hanya perlu menjalani pelatihan selama dua hari.

Proses lepas landas dan mendarat drone ini juga dilakukan dengan mudah karena bisa dibuat otomatis. Harga drone CH-5 ini dikabarkan setengah harga drone Predator. Kepala desainer Rainbow yakin dengan desain drone itu. Bahkan dia sesumbar jika Predator tidak apa-apanya dibandingkan Rainbow.

Walaupun kedengarannya menakjubkan, drone ini dianggap memiliki beberapa batasan. Misalnya Rainbow masih kalah dengan Predator dalam hal ketinggian. Drone militer AS bisa mencapai ketinggian 12 ribu hingga 15 ribu meter. Di sisi lain, CH-5 hanya bisa mencapai ketinggian 9 ribu meter karena mesinnya yang lebih lemah.

Batasan ini membuat Rainbow rawan terkena serangan anti pesawat seperti misil dan RPG. Dikabarkan jika mesin pesawat Amerika lebih unggul dibandingkan mesin pesawat Cina.

Walaupun memiliki keterbatasan dalam hal ketinggian, Cina tetap berhasil menjual 200 unit Rainbow ke belasan negara. Karena kecanggihan dan ukurannya, produksi drone ini akan dilakukan dalam jumlah terbatas setiap tahunnya.

Sumber: Nextshark.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge