0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jepang Diterpa Badai dan Hujan Batu Es

Bongkahan hujan es di Jepang. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Sebuah badai yang menakutkan menerpa Jepang, disertai dengan hujan es sebesar batu yang memecahkan lampu-lampu di jalan. Badai ini muncul tiba-tiba tanpa peringatan dari sistem prakiraan cuaca di sana.

Menurut SoraNews24, badai itu muncul terakhir pada 18 Juli. Sebelumnya badai disertai hujan es itu terjadi beberapa kali. Angin yang menyertai badai itu cukup kuat sehingga menjatuhkan billboard.

Bongkahan hujan es itu cukup besar hingga lampu di jalan pecah karena terkena bongkahan es. Beberapa video merekam hujan es itu dan akibat yang mengejutkan dari badai itu. Salah satu atap dalam video bahkan seolah-olah ditembaki dengan senjata api mesin.

Setelah hujan reda, jalanan di Jepang dipenuhi bongkahan es. Untungnya tidak ada warga sipil yang terluka parah. Hujan paling deras terjadi di area Ikebukuro. Tapi tidak dilaporkan ada korban jiwa.

ひ、、ょ、、ぅ?!冰雹、우박 ㅜㅜ

A post shared by Cyunsil Choi (@7haru6) on

Saat malam tiba, langit Jepang terlihat cerah setelah badai itu reda. Akan tetapi, peristiwa seperti ini rupanya tidaklah asing di Jepang. Hujan es dengan batu es yang besar beberapa kali terjadi di negara itu. Bahkan warga Jepang memiliki istilah “hujan gerilya” karena kejadian itu begitu tiba-tiba karena perubahan cuaca yang aneh.

Menurut NHK, kejadian serupa pernah terjadi tidak lama. Pada 24 Juni, badai dengan hujan es menerpa Kota Mitaka di Tokyo. Hujan itu berlangsung selama 30 menit di siang hari.

Para pejabat di sana mengatakan hujan badai terjadi karena udara lembab berpadu dengan massa udara yang dingin. Kombinasi gas ini lalu menciptakan awan cumulonimbus. Awan itu menciptakan kondisi atmosfer yang tidak stabil sehingga bisa menimbulkan badai hujan es.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge