0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2019, Konstruksi Proyek Waduk Pidekso Rampung

Kasatker BBWSBS proyek Waduk Pidekso, Duki Malindo (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Pembangunan Waduk Pidekso yang menenggelamkan Desa Tukulrejo dan Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, serta Desa Sendangsari, Kecamatan Batuwarno, Wonogiri merupakan salah satu proyek strategis pemerintah pusat. Mengingat saat ini, rata-rata usia waduk yang ada sudah tua. Waduk Pidekso diklaim mampu mengairi ribuan hektar areal pertanian di sejumlah kecamatan, bahkan digadang-gadang dapat menjawab persoalan kekeringan di wilayah Wonogiri bagian selatan.
“Kan awalnya proyek ini rampung di 2017, karena ada persoalan pembebasan lahan, kemudian kita lakukan penyesuaian dan multiyears disetujui,sehingga kemungkinan besar konstruksi selesai dikerjakan pada 2019 mendatang,” ungkap Kepala Satker BBWSBS Duki Malindo, di Wonogiri, Kamis (20/7).
Menurut dia, bendungan dapat dimanfaatkan ketika air sudah tertampung dengan memenuhi standar kapasitas. Namun demikian masih dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk pengisian bendungan. Dia memperkirakan, paling cepat dua kali musim, namun jika dilihat dari kondisi geografisnya wilayah kemungkinan satu musim sudah terisi.
“Untuk umur bendungan 50 tahun, tapi biasanya lewat,” bebernya.
Dia juga mengatakan, luasan lahan yang dibebaskan totalnya ada sekitar 310 hektar. Rencananya, setelah tampungan terpenuhi maka selain untuk sarana irigasi seluas 1.500 hektare dan mensuplai kebutuhan air baku dengan debit 250  ribu meter kubik perdetik. Nantinya akan mensuplai sarana irigasi di wilayah Kecamatan Giriwoyo, Baturetno hingga Giritontro.
Ditambahkan, saat ini masterplan dan desain irigasinya pun telah rampung. Kemudian langkah berikutnya dilanjutkan sosialisasi terhadap masyarakat terkait lahan yang akan digunakan sebagai jalur irigasi.
“Selain itu, rencananya akan ada pembangkit tenaga listrik mikro hidro di bawah satu mega watt. Selain itu kita juga akan melihat potensi lainnya. Tapi pengelolaan listrik mikro hidro nantinya dikelola oleh pihak ketiga bukan oleh PLN, begitu aturannya,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge