0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

India Rilis Kereta Api Bertenaga Surya Pertama Mereka

Kereta api bertenaga surya. (Dok: Timlo.net/ engadget.com )

Timlo.net—Mobil, truk dan sepeda motor mulai beralih ke bahan bakar yang ramah lingkungan, misalnya dengan memakai bahan bakar listrik. Sepertinya kereta api juga akan mengikuti tren yang sama. Bahkan di India, kereta api pertama yang bertenaga surya dirilis. Hal ini membawa sistem kereta api di negara itu lebih dekat dengan pilihan bahan bakar berkelanjutan.

Saat ini, jaringan kereta api di India bertenaga diesel. Oleh karena itu, kereta api bertenaga surya ini menjadi yang pertama di negara itu. Sandeep Gupta, Vice Chairman dan Managing Director of Jakson Engineers Limited berbicara kepada Business Standard jika memasang panel surya di kereta adalah hal yang sulit.

“Bukanlah hal yang mudah untuk memasang panel surya ke atap kereta api yang berjalan dengan kecepatan 80 km per jam,” katanya. Akan tetapi kereta api ini tidak akan sepenuhnya ditenagai oleh tenaga surya. Kereta api itu masih tetap memakai lokomotif diesel. Tenaga surya yang ada akan digunakan untuk kenyamanan penumpang misalnya lampu, layar informasi dan kipas angin. Akan tetapi hal ini adalah sebuah langkah awal yang positif. Mungkin suatu hari kelak, kita akan melihat seluruh kereta api yang bertenaga surya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge