0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Lesu, Pengusaha Komputer Terbantu Proyek pemerintah

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Solo – Pemberlakukan sistem ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang diterapkan pemerintah untuk sekolah-sekolah menjadi angin segar bagi pelaku usaha perlengakapan elektronik. Pasalnya, dengan adanya kebijakan itu dapat membantu mendongkrak penjualan barang, khususnya laptop dan komputer PC.

“Di tengah turunnya daya beli masyarakat sekarang ini, pemberlakuan UNBK itu sangat membantu. Karena permintaan komputer yang berasal dari pemerintah cukup besar,” ujar Sekertaris Asosiasi Pengusaha Komputer Surakarta (Apkomsa), Dwi Cahyo Putranto kepada wartawan, Rabu (19/7).

Dirinya mengaku, permintaan yang berasal dari proyek pemerintah khusus untuk wilayah Jawa paling tinggi terjadi pada kwartal pertama atau Januari hingga Maret. Sementara setelah periode itu mulai bergeser pada wilayah luar pulau, seperti Kalimantan dan Sumatera.

“Jadi kita memang menghimbau agar pengusaha juga dapat memanfaatkan peluang dari proyek pemerintah. Karena kalau tidak, cukup sulit untuk dapat memaksimalkan penjualan. Apalagi kondisi pasar sekarang sedang lesu,” terangnya.

Dirinya menyebut, kondisi pasar elektronik khususnya laptop dan PC selama tiga tahun terakhir terus menunjukan penurunan. Bahkan kalau kalau melihat data penjualan, turunnya cukup drastis yaitu antara 15 hingga 20 persen.

“Kendati demikian kita berharap pada tahun ini kondisinya bisa lebih baik,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge