0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Tahun Terakhir Permintaan Elektronik Sepi Peminat

Pameran Komputer Apkomsa (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Sejumlah pelaku usaha elektronik keluhkan turunnya daya beli masyarakat yang terjadi sejak tiga tahun terakhir. Menyikapi kondisi itu berbagai strategi pemasaran massif dilakukan, salah satunya dengan menggelar pameran.

“Sejak 2014 hingga sekarang kalau kita amati trend pasar untuk kebutuhan elektronik seperti PC dan notebook selalu mengalami penurunan,” ujar Sekertaris Asosiasi Pengusaha Komputer Surakarta (Apkomsa), Dwi Cahyo Putranto kepada wartawan, Rabu (19/7).

Dirinya mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab turunnya permintaan tersebut. Namun jika melihat data, penurunan yang terjadi cukup signifikan yaitu antara 15 hingga 20 persen. Sehingga dengan adanya pameran rutin yang digelarnya itu diharapkan bisa mendongkrak penjualan.

“Harapan kita memang untuk tahun ini kondisinya bisa menjadi lebih baik. Meskipun sampai sekarang tren kenaikan itu belum terlalu terlihat signifikan,” keluhnya.

Sementara itu, Ketua Apkomsa Solo, Yusuf Yudistira dalam kesempatan yang sama menyampaikan, selama tiga tahun terakhir ini kondisi paling parah terjadi pada periode bulan Juni kemarin. Dimana untuk permintaan segala macam kebutuhan elekronik seperti laptop dan komputer sangat sepi peminat.

“Memang untuk kondisi pasar pada kwartal pertama dan kedua cenderung sepi. Dan kalau sudah memasuki kwartal tiga seperti sekarang ini biasanya ada peningkatan. Bahkan jika dibanding bulan sebelumnya, kenaikannya saat ini bisa mencapai tiga kali lipat,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge