0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Balita Penderita Jantung Bocor Butuh Bantuan

Balita penderita jantung bocor MIkaila Star Jannah dan kedua orang tuanya, membutuhkan bantuan untuk operasi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menderita kelainan bawaan jantung bocor, balita Mikaila Star Janah (5 bulan), kondisinya sangat memprihatinkan. Putri pasangan Chandra Sri Waluyo dan Asih Trisno ini, akibat penyakitnya tersebut pertumbuhanya terhambat.

“Berat badanya hanya 3,8 kg, kalau balita seusianya biasanya 5 kg sampai 6 kg,” kata Chandra, ayah Mikaila saat ditemui di rumahnya, Dukuh Jetak, Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali, Rabu (19/7).

Diceritakan Chandra, putri keduanya tersebut lahir dengan normal di RSUD Ngipang, Solo. Lima hari setelah lahir, bersama istrinya, memeriksakan kesehatan anaknya ke RSUD Ngipang. Saat itulah, dokter curiga karena mendapati Mikaila bernapas sangat cepat. Setelah dicek lebih lanjut diketahui kalau dia menderita kelainan bawaan jantung bocor.

“Kita kemudian diberi rujukan ke RSUD Dr Moewardi Solo, dokter menyarankan untuk segera operasi, ada tiga rumah sakit, tapi semuanya di Jakarta,” ujar Chandra.

Tiga rumah sakit tersebut, RS Dr Cipto Mangunkusumo, RS Harapan Kita dan RS Hard Centre. Namun karena keterbatasan dana, operasi terhadap anaknya tersebut belum bisa dilakukan.

“Kalau di RS Cipto Mangunkusuma bisa menggunakan BPJS namun antrean sangat panjang dan tidak tahu kapan jadwalnya, sedangkan di RS Hard Center biayanya Rp 100 juta,” tambahnya.

Chandra masih warga Solo dan belum lama pindah ke Banyudono. Selama tinggal di Banyudono, Chandra tidak bisa lagi berjualan gorengan. Sementara sang istri harus keluar dari tempat kerjanya.

“Istri terpaksa keluar karena sering ijin, mengurusi anak,” tambahnya.

Dia berharap ada bantuan atau kemudahan untuk kegiatan operasi putrinya. Sembari menunggu ketersediaan biaya, Mikaila dirawat di rumah. Namun setiap sebulan sekali harus kontrol kesehatan ke RSUD Dr Moewardi, Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge