0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Yuni Ajak Masyarakat Peduli Ibu Hamil

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemkab Sragen menggelar Sosialisasi Pendampingan Ibu Hamil. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari masih tingginya angka kematian ibu dan bayi (AKI/AKB) di Bumi Sukowati.

“Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk ikut berperan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup serta pencegahan kematian ibu dan bayi,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, dr Hargiyanto, Rabu (19/7).

Hargiyanto mengungkapkan, selama tahun 2015 di Kabupaten Sragen telah terjadi kasus kematian ibu dan anak sebanyak 15 kasus. Kemudian pada 2016 meningkat menjadi 17 kasus dan hingga bulan Juli tahun 2017 ini baru terungkap delapan kasus AKI/AKB.

Dengan banyaknya kasus AKI/AKB tersebut, Hargiyanto berharap sosialisasi yang diikuti oleh 200 kader kesehatan itu bisa meningkatkan partisipasi dan peran masyarakat untuk menekan AKI/AKB.

Sementara Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta para kader kesehatan untuk memantau kesehatan ibu dan bayi setiap hari. Dia menargetkan, tahun 2017 ini kematian ibu dan anak di Bumi Sukowati tidak lebih dari 10 kasus. Walaupun hingga Juli ini telah terdapat ada delapan kasus.

“Oleh karena itu para bidan dan petugas kesehatan untuk saling koordinasi dengan para dokter dengan tujuan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sragen. Demikian juga dengan para stakeholder, ulama dan masyarakat untuk peduli kepada para ibu hamil,” papar Bupati Yuni.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge