0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anies Baswedan Ingin Adopsi Tata Bantaran di Yogya

Anies Baswedan mengunjungi kawasan bantaran Sungai Winongo (merdeka.com)

Timlo.net – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan belajar tentang bagaimana pengelolaan dan penataan kawasan pinggiran sungai di bantaran Sungai Winongo, Kampung Ngampilan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta. Menurut Anies, komunikasi dengan warga menjadi poin utama untuk melakukan penataan terhadap warga di kawasan bantaran sungai.

Keterlibatan warga dan kemauan pemerintah melakukan penataan akan membuat kawasan sungai di Jakarta bisa ditata.

“Kami belajar dari penataan di Sungai Winongo. Di sini warga diajak berpikir bersama. Sungai dianggap menjadi milik bersama,” tutur Anies di Yogyakarta, Rabu (19/7).

Anies mengatakan bahwa perlu melakukan penyadaran dan mengubah paradigma masyarakat dalam penataan kawasan di bantaran sungai. Sungai, lanjut Anies jangan dibelakangi tetapi dijadikan halaman rumah.

“Konsepnya penataan bukan penggusuran. Ini sesuai dengan kampanye saya dulu. Warga akan diajak berembug bersama. Kemudian diajak untuk membangun kawasan pinggir sungai bersama-sama dengan pemerintah,” papar Anies.

Anies mengutarakan bahwa semangat gotong royong warga di bantaran sungai yang ada di Yogyakarta bisa diadopsikan ke Jakarta. Warga, lanjut Anies akan diajak melihat sungai menjadi sentra kegiatan bersama. Sehingga kebersihan dan tata lingkungannya terjaga.

“Di Jakarta sudah ada Kampung Tongkol. Warga di sana sudah mau mundur sejauh lima meter dari pinggir sungai. Kemudian mengubah arah rumah menghadap ke sungai. Warga juga memberi jalan di pinggir sungai untuk jalur. Ke depan akan kita tata lagi kawasan pinggir sungai yang lainnya,” jelas Anies.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge