0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prodi Manajemen Uniba Gelar Lokakarya Kurikulum

Prodi Manajemen Uniba menggelar Lokakarya Kurikulum (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Program Studi (Prod)i Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta menggelar Lokakarya Kurikulum dengan tema Penerapan dan Pengembangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), di kampus setempat, Rabu (19/7).

Melalui Lokakarya Kurikulum Berbasis KKNI diharapkan bisa meningkatkan kualitas lulusan prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNIBA Surakarta,” jelas Kepala Humas Uniba, Fithri Setya Marwati kepada wartawan.

Dijelaskan, dalam upaya meningkatkan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No 08 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional. Terbitnya peraturan ini berdampak pada kurikulum dan pengelolaan disetiap program studi. Kurikulum yang semula mengacu pada pencapaian kompetensi berubah menjadi capaian pembelajaran (learning outcomes).

Secara ringkas, dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal dan non formal),” jelasnya.

Pelaksanaan KKNI, menurut Fithri, melalui beberapa tahapan yaitu melalui Penetapan Profil Kelulusan; Merumuskan Learning Outcomes; Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian; Pemetaan LO Bahan Kajian; Pengemasan Matakuliah; Penyusunan Kerangka Kurikulum; dan Penyusunan Rencana Perkuliahan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge